Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

Engagement Rate di Google Analytics 4 + Studi Kasus

Sudah pada migrasi belum dari Google Analytics Universal ke Google Analytics 4? karena pada bulan Juli 2023 GA Universal bakal dihapus dan digantikan dengan GA-4. kalau dulu bounce rate di GA-U mejadi metrik bagus/enggaknya sebuah halaman/konten web, kali ini berganti menjadi Engagement Rate pada GA-4.

Apa itu Engagement Rate Pada GA4?

Engagement rate atau rasio keterlibatan adalah persentase sesi yang merupakan sesi keterlibatan.

“Sesi Keterlibatan” adalah kunjungan situs web di mana dua halaman atau lebih dikunjungi …ATAU pengunjung menghabiskan lebih dari 10 detik di situs web …ATAU mereka menyelesaikan salah satu tujuan. Jika salah satu dari ketiga hal itu terjadi, kunjungan tersebut resmi menjadi sesi keterlibatan atau Engagement.

seo-strategi

Bagaimana Anda menghitung tingkat keterlibatan? Anda harus membagi jumlah sesi engagement dengan jumlah total sesi. Nah di GA4 ini akan membantu Anda memberikan gambaran rasio yang ditampilkan sebagai persentase.

Idenya adalah untuk mengukur persentase kunjungan di mana pengunjung berinteraksi secara aktif dengan situs web.

Kalau belum pada migrasi ke Google Analytics 4, silahkan bikin GA-4. ikuti tutorial lengkapnya di Fitur Baru Google Analytics 4 dan Tutorial Cara Membuatnya.

Engagement Rate vs. Bounce Rate, bagus mana?

Tentu saja engagement rate yang lebih baik.

Bounce rate merupakan hal yang agak random dalam pelacakan. Ini sering menunjukkan positif palsu (rasio pentalan tinggi tetapi pengunjung sangat terlibat) atau negatif palsu (rasio pentalan rendah tetapi pengalaman pengguna buruk).

Silahkan perhatikan rasio pentalan untuk postingan blog Anda dengan trafik tertinggi. Mereka kemungkinan besar sangat tinggi.

Para pengunjung kemungkinan besar memiliki satu pertanyaan. Begitu mereka menemukan jawabannya, mereka pergi. Bahkan jika mereka menyukai artikel tersebut dan menghabiskan 5+ menit.

Sekarang mari kita lihat tingkat interaksi untuk postingan yang sama di GA4. Tingkat keterlibatan mungkin terlihat bagus. Pengunjung menghabiskan banyak waktu untuk karya tersebut, membaca secara mendetail, dan sangat terlibat.

Tingkat Keterlibatan Adalah Kunci SEO

Level engagement atau tingkat keterlibatan merupakan faktor kunci dalam algoritma penelusuran Google. Setiap tahun sejak 2016, Google telah meningkatkan bobot keterlibatan. Mereka memberi penghargaan pada halaman yang mendapat nilai paling banyak dari pengguna dengan peringkat yang lebih tinggi.

Itulah mengapa penting untuk memperhatikan metrik ini dan berupaya meningkatkan halaman dengan keterlibatan rendah.

Sesi Terlibat

Sesi engagement adalah sesi di mana pengguna melakukan salah satu hal berikut:

  • Tetap di halaman selama 10 detik atau lebih
  • Dilihat lebih dari 1 halaman
  • Memicu peristiwa konversi

Bagus atau tidak diukur dari mana?

Disini saya menyertakan dua sumber berbeda. menurut dua website:

  • FirstPageSage: untuk segmen B2B idealnya 63% keatas. sedangkan segmen B2C idealnya 71% keatas.
  • OrbitMedia: idealnya bisa dibilang bagus 51% keatas. contoh diambil dari 65 web yang mereke kelolah. namun tidak dijelaskan apakah ini secara umum atau tergantung segmen B2B/B2C.

Sedangkan contoh dari saya, diambil contoh dari beberapa web yang saya kelolah baik B2B maupun B2C, dan market lokal maupun mancanegara.

engagement rate case study
data diambil 30 hari terakhir Feb – Mar 2023

Beberapa web diatas trafik berasal dari SEO dan SEM (Google Ads). khusus gambar paling bawah adalah web saya fajar.me yang berumur baru 1 bulan (Feb 2023). jadi sumber trafik terbesar masih dari Google Ads.

Well, secara keseluruhan ini sangat bervariasi dan kondisional. jadi kita harus tetap memperhatikan halaman/konten mana yang paling banyak diperhatikan pengunjung.

SEO bukan sekedar ranking halaman 1. ada yang jauh lebih bernilai dari pada itu. pun juga SEM, sama. lakukan analisa secara mendalam untuk mendapatkan target yang jauh lebih besar. yaitu KONVERSI. pada akhirnya itulah value yang terbaik.

Penting

Bagi seorang pemain SEO atau advertiser digital, metrik engagement tentu bisa menjadi ukuran seberapa bagus performa web + konten yang kita kelolah. sebelum kita bahas lebih detail, ketahui terlebih dahulu beberapa faktor yang mempengaruhi engagement rate:

  • UI/UX: ini terkait performa website. navigasi mudah diakses, cepat diakses (tanpa lelet), dan hal-hal terkait teknis tidak ada masalah.
  • Konten: perhatikan konten yang dibikin. buatlah konten berkualitas, utamakan uraian secara mendalam. misalnya diurutkan dari: pengenalan, masalah, solusi, tips, dsb. bikin model listicle.

Cara Meningkatkan Engagement Rate

Jika Anda telah telah menemukan tingkat engagement/keterlibatan terlalu rendah, ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Ini bisa bersifat teknis, seperti:

  • Navigasi dan UX yang membingungkan
  • Tidak responsif dan kecepatan halaman lambat
  • Kurangnya pengoptimalan versi mobile
    atau strategis:
  1. Konten yang tidak menarik perhatian pembaca
  2. Grafik berkualitas rendah dan stok gambar buram
  3. Penargetan kata kunci yang buruk sehingga target audien tidak jelas (random).

Jarvis - Inovasi Teknologi AI

Manfaatkan solusi praktis menyelesaikan beragam pekerjaan Anda 10x lebih cepat dan efisien. Jarvis AI membantu para Content Writer, SEO, Ads Manager, Data Analyst, Business Intelligence, Copywriter, sampai Tenaga Pendidik. bagaimana caranya?

Akses Jarvis →
Bagikan ke:

Berlangganan Email

Berlangganan newsletter seputar AI, digital marketing, dan analisa data