Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

Threads: Penjelasan Lengkap, Kompetitor Twitter & Ladang Bisnis

Threads adalah aplikasi media sosial terbaru yang dikembangkan oleh Facebook, dirilis pada 6 Juli 2023. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman berbagi yang lebih fokus dan intim kepada pengguna dengan teman-teman terdekat mereka.

Apa yang unik dari Threads?

Threads dirancang khusus untuk berinteraksi dengan daftar kontak terpilih dalam daftar teman di Instagram. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, video, pesan, dan cerita sehari-hari dengan cepat dan langsung kepada teman-teman terdekat mereka.

Threads secara otomatis mengidentifikasi daftar teman-teman yang paling sering berinteraksi dengan pengguna melalui Instagram, dan mereka akan muncul sebagai “Best Friends” di aplikasi ini.

Salah satu fitur utama Threads adalah “Status”. Pengguna dapat dengan mudah membagikan status mereka, seperti apa yang mereka lakukan, di mana mereka berada, atau apa yang mereka pikirkan. Status ini dapat diatur untuk terlihat oleh semua teman terdekat, atau hanya teman tertentu.

threads-by-meta

Selain itu, Threads juga memiliki fitur “Auto Status” yang unik. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk secara otomatis membagikan status yang mengindikasikan aktivitas mereka sepanjang hari, seperti “Sedang dalam perjalanan” atau “Sedang bekerja.”

Fitur ini menggunakan sensor pada perangkat pengguna, seperti sensor kecepatan dan lokasi, untuk secara otomatis memperbarui status mereka. Meskipun fitur ini dapat berguna untuk berbagi informasi dengan teman-teman terdekat, privasi tetap menjadi hal penting dan pengguna dapat memilih untuk menonaktifkan fitur ini jika diinginkan.

Dalam Threads, pengguna juga dapat mengirim pesan teks, foto, atau video secara langsung kepada teman-teman mereka. Pesan-pesan ini juga dapat mengandung stiker, emoji, atau gambar yang dapat diubah dan dikustomisasi.

Keamanan dan privasi adalah perhatian utama dalam aplikasi ini. Threads memungkinkan pengguna untuk mengontrol dengan siapa mereka berbagi informasi dan status mereka, dan tidak membagikan informasi pengguna dengan aplikasi lain di luar Facebook.

Meskipun Threads adalah aplikasi yang terpisah, pengguna perlu memiliki akun Instagram untuk menggunakan aplikasi ini. Threads dirancang untuk meningkatkan dan memperkaya pengalaman pengguna di Instagram dengan memberikan ruang yang lebih pribadi dan fokus pada interaksi dengan teman-teman terdekat mereka.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Threads

Kelebihan Threads

1. Fokus pada interaksi dengan teman terdekat

Threads memberikan pengalaman berbagi yang lebih fokus dan intim dengan teman-teman terdekat pengguna. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berbagi momen sehari-hari dengan mereka yang benar-benar penting bagi mereka.

2. Status otomatis

Fitur Auto Status memungkinkan pengguna untuk secara otomatis membagikan status yang mengindikasikan aktivitas mereka sepanjang hari. Hal ini dapat memberikan pembaruan yang real-time kepada teman-teman terdekat tanpa perlu mengirim pesan secara langsung.

3. Kontrol privasi

Threads memperhatikan keamanan dan privasi pengguna. Pengguna dapat mengontrol dengan siapa mereka berbagi informasi dan status mereka. Threads tidak membagikan informasi pengguna dengan aplikasi lain di luar Facebook.

4. Desain sederhana dan intuitif

Antarmuka Threads dirancang dengan baik dan mudah digunakan. Pengguna dapat dengan mudah mengirim pesan, membagikan status, dan berinteraksi dengan teman-teman terdekat dengan cepat.

Kekurangan Threads

1. Terbatas pada teman terdekat di Instagram: Threads terhubung langsung dengan daftar teman terdekat pengguna di Instagram. Hal ini dapat membatasi interaksi dengan orang-orang di luar lingkaran teman terdekat yang sudah ada di Instagram.

2. Terfokus pada fitur-fitur tertentu: Threads memiliki fokus yang jelas pada fitur-fitur seperti Status dan berbagi momen sehari-hari. Jika pengguna mencari pengalaman media sosial yang lebih luas dan beragam, Threads mungkin terasa terbatas.

3. Memerlukan akun Instagram: Pengguna harus memiliki akun Instagram untuk menggunakan Threads. Jika pengguna tidak memiliki atau tidak tertarik dengan Instagram, Threads mungkin tidak berguna bagi mereka.

4. Tidak tersedia untuk semua platform: Saat ini, Threads hanya tersedia untuk perangkat berbasis iOS dan Android. Pengguna dengan platform lain, seperti Windows Phone, Browser PC, tidak dapat mengakses aplikasi ini.

kelebihan kekurangan threads meta

Lalu dari sisi kompetisi berikut Threads vs. Twitter

1. Fokus dan tujuan
  • Threads: Threads dirancang untuk berinteraksi dengan teman-teman terdekat di Instagram. Fokus utamanya adalah memberikan pengalaman berbagi yang lebih intim dan terarah kepada orang-orang yang paling dekat dengan pengguna.
  • Twitter: Twitter adalah platform media sosial yang lebih luas, di mana pengguna dapat berbagi pesan, pemikiran, berita, dan konten dengan publik secara umum. Fokusnya adalah memfasilitasi diskusi dan berbagi informasi di tingkat yang lebih luas.
2. Jangkauan dan sifat publik
  • Threads: Threads terbatas pada daftar teman terdekat di Instagram. Interaksi dan konten yang dibagikan di Threads bersifat lebih pribadi dan ditujukan untuk orang-orang yang memiliki hubungan dekat dengan pengguna.
  • Twitter: Twitter adalah platform yang terbuka secara publik, di mana pesan dan konten yang dibagikan dapat dilihat oleh semua pengguna Twitter, kecuali jika pengguna mengatur akun mereka sebagai pribadi.
3. Jenis konten
  • Threads: Threads lebih fokus pada berbagi foto, video, dan pesan teks dengan teman-teman terdekat. Fitur Auto Status juga memungkinkan pengguna untuk membagikan status otomatis tentang aktivitas mereka sepanjang hari.
  • Twitter: Twitter memungkinkan pengguna untuk berbagi pesan teks, gambar, video, tautan, dan pemikiran pendek dalam bentuk “tweet”. Twitter juga mendukung berbagi berita, topik trending, dan diskusi umum di platformnya.
4. Penggunaan dan popularitas
  • Threads: Threads masih relatif baru dan mungkin belum sepopuler aplikasi media sosial lain seperti Instagram atau Twitter. Sebagai aplikasi terpisah yang terhubung dengan Instagram, penggunaan Threads dapat terbatas pada pengguna yang sudah memiliki akun Instagram aktif.
  • Twitter: Twitter telah ada dalam beberapa waktu dan menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia. Jutaan orang menggunakan Twitter untuk berbagi informasi, berkomunikasi, mengikuti berita, dan terlibat dalam diskusi global.

Threads: Ladang Bisnis Baru

1. Keterhubungan dengan teman dekat: Jika bisnis Anda ingin memperkuat hubungan dengan kelompok teman atau pelanggan terdekat, Threads dapat menjadi platform yang relevan. Anda dapat menggunakan Threads untuk berbagi momen sehari-hari, mengirimkan pesan, atau memberikan pembaruan langsung kepada pelanggan setia atau kelompok teman terpilih.

2. Konten pribadi dan intim: Threads memungkinkan bisnis untuk berbagi konten yang lebih pribadi dan intim dengan audiens terpilih. Ini dapat digunakan untuk memberikan sneak peek produk, pembaruan acara khusus, atau pengalaman belakang layar yang mengaitkan pelanggan dengan merek Anda secara lebih personal.

Sejak artikel ini dimuat yaitu sehari setelah Threads dirilis, masih butuh pengembangan lebih lanjut. tapi kalau sudah ditangan yang tepat pasti akan semakin baik. Threads punya abang Zuck gitu loh.. 🙂

Jarvis - Inovasi Teknologi AI

Manfaatkan solusi praktis menyelesaikan beragam pekerjaan Anda 10x lebih cepat dan efisien. Jarvis AI membantu para Content Writer, SEO, Ads Manager, Data Analyst, Business Intelligence, Copywriter, sampai Tenaga Pendidik. bagaimana caranya?

Akses Jarvis →
Bagikan ke:

Berlangganan Email

Berlangganan newsletter seputar AI, digital marketing, dan analisa data