Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

Sistem Operasi Komputer Yang Wajib Anda Ketahui

Sistem Operasi komputer – Di era yang serba modern ini, tentu saja kebutuhan untuk mempercepat pekerjaan adalah sesuatu hal sangat penting untuk dipenuhi. Keberadaan komputer sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bahkan bisa dikatakan bahwa Anda sudah bisa mengoperasikan segala jenis aplikasi perkantoran yang ada di komputer secara cepat kilat.

Perangkat komputer dari tahun ke tahun tentu saja mengalami perkembangan, jika dibandingkan dengan komputer keluaran pertama maka akan sangat mencolok sekali perbedaannya jika disandingkan dengan komputer zaman sekarang yang lebih minimalis, praktis, dan elegan bernama laptop.

Komputer terdiri dari dua jenis perangkat yaitu hardware dan software. Sesuai dengan namanya, hardware bisa diartikan sebagai komputer-dan-fungsinya. perangkat keras yang ada di dalam satu perangkat komputer meliputi monitor, mouse, printer, kabel, CPU, keyboard, speaker dan masih banyak lagi aksesoris lainnya yang akan memberikan kenyamanan kepada Anda ketika menggunakannya.

Sedangkan, software adalah perangkat lunak yang diterapkan di dalam perangkat tersebut. Secara umum, ada 5 sistem operasi komputer yang sering digunakan. Jika diibaratkan seperti manusia, barangkali hardware adalah tubuh manusia itu sendiri sedangkan software adalah nyawa atau ruh. Jadi tentu saja kedua elemen tersebut tidak dapat dipisahkan karena antara satu dengan yang lainnya saling melengkapi.

Nah, bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh seluk beluk mengenai dunia komputer maka pada kesempatan kali ini secara khusus kami akan membahas tentang salah satu software atau perangkat lunak yang inti dan paling penting dalam sebuah perangkat komputer.

Pengertian Dan Fungsi Sistem Operasi komputer

Sistem Operasi komputer adalah sebuah perangkat lunak komputer inti yang berfungsi untuk mengatur berbagai macam perangkat, termasuk perangkat lunak dan perangkat keras. Mengontrol dan memajemen sehingga keduanya dapat bekerja bersamaan dengan perintah yang dilakukan melalui sistem input oleh penggunanya.

Fungsi dari sistem operasi komputer

Sistem operasi secara langsung mengelola semua hal yang ada berupa perangkat keras dan perangkat lunak yang ada di komputer, sehingga sangat mustahil sekali jika perangkat komputer bisa digunakan tanpa adanya sistem operasi di dalam sebuah komputer.

Contohnya seperti akses memori, CPU dan juga media penyimpanan. Berbagai jenis proses yang berlangsung di komputer secara langsung diatur sehingga setiap perangkat yang ada bisa berjalan secara normal.

Sejarah sistem operasi komputer

Sistem operasi memiliki banyak sekali versi jika dirunut dari sejarahnya bahkan kebanyakan orang sering menyebutnya 5 sistem operasi komputer. Sejarah komputer yang pada awalnya memiliki ukuran yang super besar di era yang serba canggih ini bahkan bisa berwujud sangat kecil dan minimalis. Di zaman dulu, mungkin orang-orang tidak akan percaya jika teknologi sebesar rumah bisa dirubah menjadi teknologi dengan ukuran yang super mini dan kecil.

Sistem operasi yang digunakan tentu saja berbeda dari waktu ke waktu dan disesuaikan dengan perkembangan zaman. Semakin berjalannya waktu maka secara otomatis kecanggihan dari teknologi tersebut juga akan semakin maju sehingga akan lebih banyak lagi kemudahan dan manfaat yang akan dimanfaatkan oleh penggunanya.

Macam sistem operasi komputer

1. Microsoft Windows

sistem operasi <a href=

Salah satu dari bahasan 5 sistem operasi komputer yang akan kita bahas pada kali ini yakni sistem operasi Microsoft Windows. Sistem Operasi yang satu ini sangat terkenal dan hampir sebagian besar pengguna komputer menggunakannya. Sistem operasi ini dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft di pertengahan 1980 masehi.

Perkembangannya yang sangat pesat tentu saja membuat banyak sekali versi windows yang sudah bermunculan diantaranya windows 10 yang baru saja dirilis di tahun 2015 ini, windows 8 yang dirilis di tahun 2012, windows 7 yang dirilis di tahun 2009, dan windows Vista yang dirilis di tahun 2007.

Sistem operasi yang sudah disebutkan di atas merupakan sistem operasi yang sering digunakan oleh kebanyakan orang karena bisa diterapkan di berbagai jenis merek komputer dan juga merek laptop. Tidak salah jika akhirnya windows menjadi salah satu sistem operasi yang sangat populer.

2. MAC OS

sistem operasi <a href=

Selain windows, sistem operasi lain yang tidak kalah populer yaitu Mac OS. Mac bahkan menjadi salah satu sistem operasi yang memiliki harga yang paling mahal dari 5 sistem operasi komputer karena hanya bisa digunakan untuk perangkat khusus berlabel Apple. Sistem operasi ini diciptakan oleh Apple dan tentu saja tersedia di perangkat-perangkat yang berlogo apple saja.

Maka dari itu, sistem operasi ini menjadi sistem operasi yang tidak semua orang ketahui. Meskipun begitu, sistem operasi yang hanya bisa dipasang di komputer Macintosh atau Mac ini memiliki versi yang baru yang sering disebut dengan OS X atau dibaca OS ten.

Selain versi baru tersebut, Mac juga mengeluarkan sistem operasi versi lainnya seperti EI Capitan yang dikeluarkan di tahun 2015, Yosemite yang dikeluarkan di tahun 2014, Mavericks yang dikeluarkan di tahun 2013, Mountain Lion yang dikeluarkan di tahun 2012, dan Lion yang dikeluarkan di tahun 2011.

Jika dirunut dari pengguna teknologi komputer di dunia, kurang dari 10% saja pengguna yang memilih sistem operasi ini. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena perangkat Mac menjadi salah satu perangkat yang memiliki harga yang sangat tinggi sehingga hanya kalangan tertentu saja yang akan tertarik menggunakan produk eksklusif ini.

3. Linux

sistem operasi <a href=

Sistem operasi yang ketiga adalah Linux. Linux menjadi salah satu sistem operasi dari 5 sistem operasi komputer yang ada namun lebih mengarah ke open source. Artinya sistem operasi tersebut memiliki kode program yang secara sengaja dimodifikasi dan bisa digunakan oleh semua orang di dunia.

Berbeda dengan beberapa sistem operasi sebelumnya, sistem operasi Linux ini memiliki karakteristik proprietary yang artinya bahwa segala jenis modifikasi program hanya bisa dilakukan oleh perusahaan Linux saja.

Selain sistem operasi ini sifatnya gratis, Anda juga bisa secara bebas memilih varian Linux sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Meskipun begitu, hanya 2 persen saja dari seluruh total pengguna komputer di dunia yang memilih sistem operasi ini. Mengapa demikian? Karena Linux hanya sering digunakan untuk sistem operasi pada komputer server saja.

4. Ubuntu & Debian

sistem operasi ubuntu

Beberapa contoh sistem operasi komputer mungkin sudah sering Anda dengar namun mungkin Anda tidak sadar jika ternyata istilah-istilah tersebut adalah nama-nama sistem operasi. Beberapa macam sistem operasi yang ada seperti Windows, Mac, Linux, Debian, Ubuntu dan masih banyak lagi.

Debian dan Ubuntu memiliki karakteristik yang sama dengan Linux. Nah, berikut ini secara lebih rinci akan dijelaskan lebih detail tentang masing-masing sistem operasi sehingga Anda akan mengetahui sistem operasi mana yang sekiranya cocok untuk perangkat yang Anda miliki.

5. DOS

Apa itu DOS, ya sistem operasi ini sebenarnya merupakan seri lawas dari sistem operasi Microsoft Windows. Mungkin apabila anda sudah menggunakan komputer di tahun – tahun 98, maka sistem operasi DOS inilah yang ada di komputer tersebut. Namun demikian, sistem operasi ini juga tetap membawa banyak jasa dimana Windows yang kita kenal sekarang ini merupakan rintisan dari sistem operasi DOS ini.

Nah, informasi mengenai 5 sistem operasi komputer bisa menjadi salah satu materi penting yang perlu Anda ketahui sebagai pemula sehingga Anda tidak akan merasa bingung atau canggung lagi ketika harus datang ke sebuah toko untuk membeli komputer baru atau laptop baru.

Jarvis - Inovasi Teknologi AI

Manfaatkan solusi praktis menyelesaikan beragam pekerjaan Anda 10x lebih cepat dan efisien. Jarvis AI membantu para Content Writer, SEO, Ads Manager, Data Analyst, Business Intelligence, Copywriter, sampai Tenaga Pendidik. bagaimana caranya?

Akses Jarvis →
Bagikan ke:

Berlangganan Email

Berlangganan newsletter seputar AI, digital marketing, dan analisa data