Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

SEO WordPress: Mana yang Lebih Baik Kategori atau Tags?

Pada WordPress, tags (tag) dan category (kategori) adalah dua jenis taxonomies yang digunakan untuk mengatur dan mengelompokkan konten dalam website Anda. Keduanya memiliki peran penting dalam membantu mengorganisir dan meningkatkan navigasi pengguna di website.

WordPress: Kategori vs. Tags

1. Tags (Tag)

Tag adalah kata kunci atau istilah yang digunakan untuk menggambarkan topik atau tema tertentu dalam sebuah posting. Mereka biasanya lebih spesifik dan lebih bebas daripada kategori. Anda dapat menambahkan beberapa tag pada satu posting, dan ini membantu pembaca atau pengunjung website Anda untuk dengan mudah menemukan konten terkait atau serupa.

Misalnya, jika Anda memiliki blog tentang kuliner, Anda dapat menambahkan tag seperti “resep”, “makanan sehat”, “hidangan pembuka”, dll. Ketika seseorang mengklik tag tersebut, mereka akan diarahkan ke halaman yang menampilkan semua posting yang memiliki tag yang sama.

2. Category (Kategori)

Kategori adalah kumpulan posting yang berkaitan dengan topik atau subjek tertentu secara lebih luas. Mereka membantu dalam mengorganisir situs Anda menjadi bagian-bagian yang lebih terstruktur. Saat Anda membuat posting baru, Anda harus menentukan kategori yang relevan untuk posting tersebut.

Misalnya, jika Anda memiliki situs berita, kategori yang mungkin Anda gunakan adalah “Politik”, “Hiburan”, “Olahraga”, dll. Pengguna dapat menjelajahi posting berdasarkan kategori, dan ini membantu mereka mencari konten yang sesuai dengan minat atau kebutuhan mereka.

Kombinasi antara tag dan kategori memungkinkan pengunjung situs untuk dengan cepat menemukan konten yang relevan, menggali lebih dalam ke dalam topik tertentu, dan meningkatkan navigasi dan pengalaman mereka saat menjelajahi situs Anda.

tags-categories

Penting untuk menjaga konsistensi dan disiplin dalam penggunaan tag dan kategori agar situs Anda terorganisir dengan baik dan kontennya dapat diakses dengan mudah oleh pengunjung.

Ketika menyangkut SEO (Search Engine Optimization), baik tags (tag) maupun category (kategori) memiliki peran penting dalam meningkatkan visibilitas dan rangking konten Anda di mesin pencari.

Keduanya dapat memberikan manfaat SEO jika digunakan dengan benar, dan pilihan terbaik akan tergantung pada bagaimana Anda mengorganisir situs Anda dan mengelola konten.

Pertimbangan untuk Tags (Tag) dalam SEO

1. Relevansi

Gunakan tag yang relevan dan spesifik untuk setiap posting. Tags yang tepat akan membantu mesin pencari memahami konten Anda dengan lebih baik dan memperbaiki potensi kesesuaian dalam hasil pencarian.

2. Interkoneksi

Jika Anda menggunakan tag secara konsisten di beberapa posting yang berkaitan, itu dapat membantu menghubungkan konten terkait di situs Anda, membangun hubungan antarhalaman dan meningkatkan keterkaitan konten secara internal.

3. Indeksasi

Tags yang baik dapat membantu mesin pencari mengindeks postingan Anda dengan lebih baik, sehingga memudahkan untuk muncul di hasil pencarian untuk pertanyaan relevan.

Pertimbangan untuk Category (Kategori) dalam SEO

1. Struktur

Kategori membantu dalam mengatur struktur situs Anda dan membantu pengunjung dan mesin pencari untuk lebih mudah memahami topik utama dan subtopik yang ada di situs Anda. cara ini bisa menggunakan struktur SILO

2. Navigasi

Kategori yang jelas dan mudah dipahami dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan memudahkan navigasi pengunjung di situs Anda.

3. Relevansi

Pastikan kategori yang Anda buat relevan dengan topik situs dan konten yang Anda miliki.

Kesimpulannya, baik tags maupun category memiliki manfaat untuk SEO. Sebaiknya Anda menggunakan keduanya dengan bijaksana, tetapi pastikan untuk menghindari penggunaan berlebihan tag yang tidak relevan atau kategori yang terlalu umum.

Selalu prioritaskan kualitas dan relevansi konten, serta organisir yang baik dalam website Anda untuk membantu meningkatkan SEO dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna.

Jarvis - Inovasi Teknologi AI

Manfaatkan solusi praktis menyelesaikan beragam pekerjaan Anda 9x lebih cepat dan efisien. Jarvis AI membantu para Content Writer, SEO, Ads Manager, Data Analyst, Business Intelligence, Copywriter, sampai Tenaga Pendidik. bagaimana caranya?

Akses Jarvis →
Bagikan ke:

Berlangganan Email

Berlangganan newsletter seputar AI, digital marketing, dan analisa data