Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

SEO: Mengenal Tipe Kata Kunci agar Tepat Sasaran

Tipe kata kunci SEO merupakan salah satu aspek penting dalam upaya untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web di mesin pencari seperti Google. Kata kunci SEO adalah istilah atau frase tertentu yang digunakan oleh pengguna ketika mereka mencari informasi, produk, atau layanan di internet.

Dengan mengoptimalkan konten situs web Anda untuk kata kunci yang relevan, Anda dapat meningkatkan kemungkinan situs web Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian, sehingga meningkatkan trafik website dan berpotensi mendapatkan konversi.

jenis keywords seo

Beberapa tipe kata kunci SEO yang perlu dipahami

Kata Kunci Pendek (Short-Tail Keywords)

Kata kunci pendek terdiri dari satu atau dua kata, misalnya “sepatu wanita” atau “laptop gaming”. Meskipun volume pencariannya tinggi, persaingan untuk kata kunci ini juga sangat ketat. Target kata kunci pendek bisa menjadi strategi jangka panjang karena sulit untuk mencapai peringkat tinggi dalam waktu singkat.

Kata Kunci Long-Tail (Ekor Panjang)

Kata kunci long-tail terdiri dari tiga atau lebih kata, seperti “sepatu wanita berwarna merah marun” atau “laptop gaming terbaik 2023”. Meskipun volume pencariannya lebih rendah, kata kunci ini cenderung lebih spesifik dan mengarah pada audiens yang lebih tersegmentasi. Lebih mudah bersaing untuk kata kunci long-tail, dan konversi cenderung lebih tinggi.

Kata Kunci Berbasis Navigasi

Jenis kata kunci ini berhubungan dengan merek atau produk tertentu, seperti “Nike Air Max 2023” atau “iPhone 15 Pro”. Mereka biasanya digunakan oleh pengguna yang ingin langsung mengunjungi situs web tertentu daripada mencari informasi umum.

Kata Kunci Berbasis Informasi

Kata kunci informasi menunjukkan niat pengguna untuk mencari jawaban atas pertanyaan atau memperoleh informasi lebih lanjut. Contohnya adalah “bagaimana cara menanam tomat” atau “penyebab perubahan iklim”. Konten yang memberikan jawaban komprehensif pada pertanyaan ini dapat membantu menarik trafik organik ke situs Anda.

Kata Kunci Berbasis Transaksional

Jenis kata kunci ini menunjukkan niat pembelian atau tindakan, seperti “beli sepatu wanita online” atau “diskon laptop gaming”. Membidik kata kunci transaksional bisa menjadi strategi untuk menarik calon pembeli dan meningkatkan konversi. umumnya tipe keyword ini dipakai web ecommerce dan marketplace seperti tokopedia.

Kata Kunci Berbasis Lokasi (Geografis)

Kata kunci berbasis lokasi menyertakan nama kota, negara, atau wilayah tertentu. Misalnya, “restoran enak di Jakarta” atau “hotel murah di Bali”. Ini berguna untuk bisnis lokal yang ingin menargetkan audiens di daerah tertentu. dengan kata lain device yang Anda pakai sudah terintegrasi dengan aplikasi peta seperti Google Map sehingga bisa memberikan informasi tempat tertentu sesuai lokasi Anda berada saat ini.

Kata Kunci Seasonal

Kata kunci musiman berkaitan dengan peristiwa atau musim tertentu, seperti “kostum Halloween” atau “liburan Natal”. Membidik kata kunci musiman dapat membantu meningkatkan lalu lintas selama periode waktu tertentu.

Dalam melakukan optimasi SEO, hindari penggunaan kata kunci secara berlebihan (keyword stuffing) karena dapat merugikan peringkat situs web Anda. Sebagai gantinya, fokuslah pada penggunaan keyword secara alami dan relevan dalam konten yang bermanfaat dan informatif bagi audiens Anda.

Atau bisa menggunakan metrik keyword density. ini berguna untuk menghindari spam kata kunci. agar aman, pakailah keyword density antara 1-5% dari keseluruhan isi konten.

Jarvis - Inovasi Teknologi AI

Manfaatkan solusi praktis menyelesaikan beragam pekerjaan Anda 9x lebih cepat dan efisien. Jarvis AI membantu para Content Writer, SEO, Ads Manager, Data Analyst, Business Intelligence, Copywriter, sampai Tenaga Pendidik. bagaimana caranya?

Akses Jarvis →
Bagikan ke:

Berlangganan Email

Berlangganan newsletter seputar AI, digital marketing, dan analisa data