Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

SEO: Indikasi Keyword Kanibal dan Cara Mengatasinya

Keyword “kanibal” atau keyword cannibalization dalam dunia SEO mengacu pada istilah yang menggambarkan suatu fenomena di mana beberapa halaman atau konten di situs web bersaing satu sama lain dalam mesin pencari, seperti Google, untuk peringkat yang sama atau serupa.

Dalam hal ini, keyword “kanibal” mengacu pada persaingan internal di antara berbagai halaman di situs web yang memiliki fokus kata kunci yang sama atau serupa.

Dampak Kanibalisme Keyword

Fenomena ini terjadi ketika beberapa halaman di situs web berusaha untuk meraih peringkat yang baik di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Namun, upaya ini justru dapat mengakibatkan munculnya efek yang kontraproduktif, di mana halaman-halaman tersebut “bertempur” satu sama lain untuk peringkat yang sama, sehingga mengurangi potensi masing-masing halaman untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

keyword-cannibalism

Dalam konteks ini, “kata kunci kanibal” mengacu pada “kannibalisme” di dalam situs web itu sendiri, di mana beberapa halaman bersaing secara internal dan pada akhirnya saling mengurangi peluang masing-masing untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Ini adalah masalah yang sangat kompleks dalam strategi SEO, karena situs web harus menemukan keseimbangan yang tepat antara membuat konten yang relevan dan berfokus pada kata kunci tertentu, sambil juga memastikan bahwa halaman-halaman tersebut tidak saling berkompetisi secara berlebihan.

Contoh Keyword Kanibal

Salah satu contoh umum dari fenomena keyword cannibalization adalah ketika situs web memiliki beberapa halaman yang semuanya berusaha untuk membidik kata kunci yang sangat mirip atau bahkan identik.

Misalnya, sebuah situs web yang berfokus pada topik “resep masakan” mungkin memiliki beberapa halaman yang masing-masing mencoba untuk membidik kata kunci spesifik seperti “resep masakan ayam panggang” atau “resep masakan sayuran panggang”.

Jika halaman-halaman ini tidak dikelola dengan baik, mereka dapat bersaing secara internal dan mengakibatkan kurangnya kejelasan di mata mesin pencari tentang halaman mana yang seharusnya mendapatkan peringkat lebih tinggi.

Cara Mengatasi Keyword Kanibal

Untuk mengatasi masalah “keyword kanibal”, penting bagi pemilik situs web dan praktisi SEO untuk melakukan strategi yang tepat. Beberapa langkah yang dapat diambil meliputi:

1. Audit Konten

Lakukan audit menyeluruh terhadap konten yang ada di situs web. Identifikasi halaman-halaman yang bersaing satu sama lain dan memiliki kata kunci yang serupa.

2. Konsolidasi Konten

Jika ada beberapa halaman dengan fokus kata kunci yang sangat mirip, pertimbangkan untuk menggabungkan konten tersebut menjadi satu halaman yang lebih komprehensif. Ini dapat membantu mengurangi persaingan internal. 

3. Optimasi Halaman

Pastikan setiap halaman memiliki fokus kata kunci yang jelas dan berbeda. Lakukan optimasi SEO pada setiap halaman untuk menghindari overlap yang tidak perlu.

4. Penetapan Prioritas

Tentukan halaman mana yang paling relevan dan penting untuk masing-masing kata kunci. Fokuskan upaya SEO pada halaman-halaman tersebut. bisa juga memanfaatkan teknik SEO SILO agar konten lebih terorganisir sesuai struktur konten.

5. Internal Linking

Gunakan tautan internal dengan bijak untuk mengarahkan perhatian mesin pencari dan pengguna ke halaman yang paling relevan.

6. Konten yang Lebih Dalam

Buat konten yang lebih dalam dan kaya untuk masing-masing fokus kata kunci. Hal ini dapat membantu masing-masing halaman mendapatkan peringkat lebih tinggi dengan menghadirkan nilai yang unik. inilah pentingnya menggunakan clustering keyword

7. Strategi Kata Kunci yang Jelas

Rencanakan strategi keyword atau kata kunci yang jelas untuk setiap halaman, dan pastikan bahwa tidak ada tumpang tindih atau persaingan berlebihan.

8. Analisis Rutin

Lakukan analisis rutin terhadap kinerja halaman-halaman utama Anda dalam mesin pencari. Pantau perubahan peringkat dan lakukan penyesuaian jika diperlukan. bisa menggunakan alat SEO Ahrefs atau Semrush.

Dalam mengatasi fenomena “keyword kanibal” dalam SEO, kesadaran dan pemahaman yang mendalam tentang strategi SEO yang tepat adalah kunci utama. Dengan melakukan langkah-langkah yang cerdas dan efektif, pemilik situs web dapat memaksimalkan potensi peringkat dan menghindari persaingan internal yang merugikan.

Jarvis - Inovasi Teknologi AI

Manfaatkan solusi praktis menyelesaikan beragam pekerjaan Anda 9x lebih cepat dan efisien. Jarvis AI membantu para Content Writer, SEO, Ads Manager, Data Analyst, Business Intelligence, Copywriter, sampai Tenaga Pendidik. bagaimana caranya?

Akses Jarvis →
Bagikan ke:

Berlangganan Email

Berlangganan newsletter seputar AI, digital marketing, dan analisa data