Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

Screamingfrog Spider
Scraming Frog Spider 3d
Scraming Frog Spider
  1. Screamingfrog Spider
  2. Scraming Frog Spider 3d
  3. Scraming Frog Spider

Solusi Teknikal SEO – Screaming Frog Spider

  • Performa
  • Harga
  • Dukungan
  • Keamanan
4.5/5Overall Score

Screaming Frog Spider merupakan software analisis teknikal SEO paling lengkap diantara software serupa. 4 poin penting: analisis data mendalam, kecepatan & ketepatan hasil analisa, mudah digunakan, dan integrasi ke layanan lain seperti: Google Analytics, Page Speed Insights, Google Search Console, Moz, Majestic, dan Ahrefs. alat ini sangat berguna bagi para praktisi SEO dalam analisis teknis. 

Specs
  • XML Sitemap: 9/10
  • Images Sitemap: 9/10
  • Integrasi: 9/10
  • Visualisasi: 8/10
  • Crawl Analisis: 9.5/10
  • Laporan: 9/10
  • On-Page: 9.5/10
  • Bulk Export: 9/10
Pros
  • Mudah Digunakan
  • Analisis Lengkap
  • Unlimited Sitemap
  • Fitur Lengkap
  • Uptodate
Cons
  • Butuh Recource Besar
  • Visualisasi 3D Lambat
  • Save Project Tergantung HDD PC

Screaming Frog Spider adalah salah satu alat analisis SEO yang populer di kalangan profesional digital marketer dan praktisi SEO. Dalam ulasan ini, kita akan membahas secara detail tentang Screaming Frog Spider dan semua fitur serta proses analisis SEO yang dapat dilakukan dengan menggunakan alat ini.

Mengenal Screaming Frog Spider

Screaming Frog Spider merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu pengguna dalam melakukan audit dan analisis situs web. Alat ini menggunakan teknologi spidering atau crawling, yang bertujuan untuk mengumpulkan semua informasi penting tentang struktur dan konten dari sebuah situs web.

Dengan Screaming Frog Spider, pengguna dapat memperoleh data lengkap tentang meta tag, URL, heading, broken links, pengaturan canonical, dan banyak lagi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat website dari perspektif SEO, dan mengidentifikasi setiap masalah atau kekurangan yang dapat mempengaruhi peringkat di mesin pencari seperti Google, Bing, atau yang lain.

ScreamingFrog-spider

Fitur-Fitur Screaming Frog Spider

Screaming Frog Spider menawarkan berbagai fitur yang sangat berguna bagi para praktisi SEO. Antara lain:

Crawl Website

Alat ini dapat melakukan crawling pada sebuah situs web dan mengumpulkan data tentang masing-masing halaman, termasuk metadata dan konten.

Analisis Internal Link

Screaming Frog Spider memampukan pengguna untuk menganalisis tautan internal di dalam website. Dengan demikian, pengguna dapat mengoptimalkan struktur internal website untuk SEO.

Analisis Eksternal Link

Tersedia pula analisis eksternal link. dimana para pengguna juga bisa menganalisis link luar mana saja yang terdapat pada website. sehingga pengguna dapat mengoptimasi struktur eksternal link untuk kebutuhan optimasi SEO off-page.

Audit On-Page

Alat ini dapat melakukan audit on-page dengan mengidentifikasi kesalahan seperti duplikasi konten, judul halaman pendek, atau deskripsi meta tag yang hilang.

Temuan Broken Link

Screaming Frog Spider juga membantu pengguna dalam menemukan broken link atau link rusak yang ada di website. Pengguna dapat segera memperbaiki tautan-tautan yang rusak tersebut dan meningkatkan kualitas pengalaman pengguna.

Proses Analisis SEO dengan Screaming Frog Spider

1. Menginstal dan Mengonfigurasi: Langkah pertama adalah mengunduh Screaming Frog Spider dari situs resmi dan menginstalnya pada komputer Anda. Setelah itu, lakukan konfigurasi sesuai kebutuhan Anda.

2. Melakukan Crawl: Buka Screaming Frog Spider dan masukkan URL situs web yang akan Anda analisis. Alat ini akan mulai melakukan crawling dan mengumpulkan data tentang struktur dan konten di setiap halaman.

3. Menganalisis Data: Setelah proses crawling selesai, Anda akan diberikan data eksklusif tentang setiap elemen yang ada dalam situs web Anda. Anda dapat menganalisisnya secara detail untuk mengidentifikasi aspek yang perlu ditingkatkan.

4. Melakukan Perbaikan: Dari hasil analisis, identifikasi masalah-masalah yang telah terungkap. Ubah atau perbaiki konten, metadata, atau struktur situs web Anda sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh Screaming Frog Spider.

5. Memantau dan Melacak Kemajuan: Setelah perbaikan dilakukan, selalu amati kinerja situs web Anda. Gunakan Screaming Frog Spider secara berkala untuk melacak kemajuan optimasi dan mengidentifikasi masalah baru yang mungkin muncul.

Kelebihan Screaming Frog Spider

Screaming Frog Spider memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya alat yang sangat berharga bagi praktisi SEO. Diantaranya:

1. Kecepatan: Screaming Frog Spider dapat melakukan crawling situs web dengan sangat cepat, memungkinkan pengguna untuk menjalankan analisis dengan efisien.

2. Rincian Data: Alat ini memberikan informasi lengkap tentang setiap elemen dalam situs web, sehingga pengguna dapat menjalankan analisis yang lebih mendalam.

3. Pemahaman SEO yang Mendalam: Screaming Frog Spider dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang memungkinkan pengguna untuk memahami aspek-aspek kunci dalam SEO dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi peringkat situs web.

4. Kemudahan Penggunaan: Alat ini dirancang dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, bahkan oleh mereka yang tidak memiliki pengetahuan teknis yang mendalam tentang SEO.

5. Integrasi: Screaming Frog Spider sudah terintegrasi dengan berbagai alat SEO yang lain. seperti: Google Analytics, Google Search Console, Page Speed Insight, Majestic, Moz, dan Ahrefs. sehingga Anda bisa membandingkan hasil analisis masing-masing channel.

Kekurangan Screaming Frog Spider

Meskipun Screaming Frog Spider adalah alat yang sangat kuat dan berguna dalam analisis SEO, ada juga beberapa kekurangan yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah:

  1. Butuh instalasi. karena Screaming Frog Spider merupakan software desktop. berbeda dengan Semrush atau Ahrefs yang merupakan web based.
  2. Butuh ruang penyimpanan komputer lokal. jadi setiap membuat proyek analisis SEO, tempat penyimpanan tergantung sisa HDD PC Anda yang masih tersedia. untuk besaran setiap proyek bergantung pada banyaknya analisis setiap url/root website.
  3. Menu visualisation terutama pada sub-menu 3D & diagram butuh komputer spek tinggi. sudah kita tes dengan laptop Windows 10+ dengan spesifikasi Core i7, RAM 16GB, & VGA 8GB masih terasa lambat. mungkin ini berpengaruh pada jumlah url yang dianalisis. mengingat dalam kasus ini terdapat puluhan ribu url.
Kesimpulan

Dalam ulasan ini, kita telah melihat tentang Screaming Frog Spider dan semua fitur serta proses analisis SEO yang dapat dilakukan dengan alat ini. Meskipun memiliki kekurangan, alat ini tetap menjadi pilihan yang sangat baik bagi para praktisi SEO untuk menganalisis dan meningkatkan kualitas website.

Dengan analisis yang mendalam dan perbaikan yang tepat, pengguna dapat meningkatkan peringkat di mesin pencari dan memperoleh trafik organik yang lebih tinggi.

Bagikan ke:
Ayu Renata
Ayu Renata

Spesialis penulis konten sejak 2018. suka musik jazz, love anime, novel, hobi nonton, ngemil. kadang ngopi kadang ngeteh.

Leave a Reply