Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

Rekomendasi Email Marketing serta Kelebihan dan Kekurangannya

Email marketing adalah metode pemasaran digital yang melibatkan pengiriman pesan komersial melalui email kepada sekelompok orang atau pelanggan potensial. Tujuan utama dari email marketing adalah untuk membangun hubungan dengan pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, dan mendorong tindakan seperti pembelian produk atau layanan.

apa-itu-email-marketing

Strategi praktis yang dapat Anda terapkan dalam email marketing

Kumpulkan daftar email yang berkualitas

Mulailah dengan mengumpulkan email pelanggan potensial melalui situs web Anda, formulir pendaftaran, kontes, atau penawaran spesial. Pastikan Anda memperoleh izin dari orang-orang tersebut untuk mengirimkan email kepada mereka.

Personalisasi pesan

Gunakan nama penerima dalam salam email dan sesuaikan konten dengan minat dan preferensi mereka. Hal ini membantu meningkatkan keterlibatan dan respons dari pelanggan.

Buat subjek yang menarik

Subjek email yang menarik dan jelas akan mempengaruhi apakah penerima membuka email Anda atau tidak. Gunakan subjek yang menggugah minat, jelas, singkat, dan mendorong tindakan.

Sederhanakan desain email

Pastikan desain email Anda bersih, mudah dibaca, dan responsif di berbagai perangkat. Gunakan format teks yang mudah dipahami dan sertakan gambar yang relevan jika diperlukan.

Berikan konten yang bernilai

Sediakan konten yang relevan, bermanfaat, dan menarik bagi penerima email. Bisa berupa penawaran khusus, informasi terbaru, konten eksklusif, atau saran praktis yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Panggil tindakan yang jelas

Sertakan panggilan tindakan yang jelas dalam setiap email Anda. Misalnya, ajak pelanggan untuk mengklik tautan, berlangganan, atau melakukan pembelian. Buat tindakan tersebut mudah dilakukan dan menarik minat penerima.

Uji dan pantau kinerja email

Lakukan uji coba A/B pada subjek, desain, dan konten email untuk melihat apa yang paling efektif. Pantau metrik seperti tingkat pembukaan, tingkat klik, dan konversi untuk mengukur keberhasilan kampanye email Anda.

Jadwalkan secara konsisten

Buat jadwal kapan email akan dikirim untuk menjaga konsistensi komunikasi dengan pelanggan Anda. Jangan mengirim terlalu sering agar tidak mengganggu, tetapi juga jangan terlalu jarang sehingga pelanggan lupa tentang bisnis Anda.

Jaga kebersihan daftar email

Perbarui dan bersihkan daftar email secara teratur untuk menghapus pelanggan yang tidak aktif atau tidak tertarik. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas kampanye email Anda.

Pantau kepatuhan privasi

Pastikan Anda mematuhi peraturan privasi dan kebijakan email seperti GDPR (General Data Protection Regulation) atau peraturan privasi lokal yang berlaku. Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat membangun kampanye email marketing yang efektif.

email-list

Daftar Rekomendasi Layanan Email Marketing

Terdapat beberapa layanan email marketing yang dapat direkomendasikan, tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Berikut adalah beberapa layanan email marketing populer:

1. Mailchimp: Mailchimp adalah salah satu platform email marketing paling populer dan user-friendly. Menawarkan berbagai fitur seperti desain template email yang responsif, segmentasi pelanggan, otomatisasi email, analisis kampanye, dan integrasi dengan platform lain.

2. Constant Contact: Constant Contact juga merupakan layanan email marketing yang populer dan mudah digunakan. Menyediakan fitur-fitur seperti desain template yang menarik, otomatisasi email, segmentasi pelanggan, pelacakan email, dan integrasi dengan berbagai platform lain.

3. SendinBlue: SendinBlue atau sekarang menjadi Brevo, adalah layanan email marketing yang komprehensif dengan berbagai fitur penting seperti desain template, segmentasi pelanggan, otomatisasi email, analisis statistik, dan integrasi dengan platform e-commerce.

4. GetResponse: GetResponse adalah platform email marketing yang kuat dengan fitur-fitur seperti desain template yang responsif, otomatisasi email, segmentasi pelanggan, A/B testing, analisis kampanye, dan integrasi dengan berbagai platform lain.

5. ConvertKit: ConvertKit adalah layanan email marketing yang dirancang khusus untuk para pembuat konten dan blogger. Menyediakan fitur-fitur seperti desain template sederhana, otomatisasi email, segmentasi pelanggan, analisis kampanye, dan integrasi dengan berbagai platform.

6. AWeber: AWeber adalah platform email marketing yang populer dan dapat diandalkan. Menyediakan fitur-fitur seperti desain template yang menarik, otomatisasi email, segmentasi pelanggan, analisis kampanye, dan integrasi dengan berbagai platform.

7. ActiveCampaign: ActiveCampaign adalah platform email marketing yang canggih dengan fitur-fitur seperti desain template, otomatisasi email yang cerdas, segmentasi pelanggan yang mendalam, analisis kampanye, dan integrasi dengan berbagai platform.

Setiap layanan email marketing ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi disarankan untuk melihat fitur-fitur yang disediakan dan mencoba versi percobaan atau uji coba gratis sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu layanan tersebut.

email-segmentation

Pengaturan Teknis Email Marketing

Setiap layanan email marketing memiliki langkah-langkah dan panduan pengaturan teknis yang berbeda. Namun, berikut ini adalah panduan umum untuk melakukan pengaturan teknis dasar pada layanan email marketing:

1. Daftar Akun: Buat akun pada layanan email marketing yang Anda pilih. Isi informasi yang diperlukan dan lengkapi proses registrasi.

2. Verifikasi Domain: Untuk meningkatkan kepercayaan dan menghindari masuk ke dalam kotak surat spam, Anda perlu menghubungkan domain Anda dengan layanan email marketing. Biasanya, Anda perlu menambahkan catatan DNS (Domain Name System) yang disediakan oleh layanan email marketing ke pengaturan DNS domain Anda.

3. Impor Daftar Pelanggan: Jika Anda memiliki daftar pelanggan yang sudah ada, Anda dapat mengimpor daftar tersebut ke dalam layanan email marketing. Biasanya, Anda dapat mengimpor daftar pelanggan dalam format file CSV atau Excel. Pastikan untuk mengikuti pedoman dan kebijakan privasi yang berlaku untuk menghindari masalah spam.

4. Buat Template Email: Desain template email yang menarik dan responsif sangat penting dalam email marketing. Gunakan fitur desain yang disediakan oleh layanan email marketing untuk membuat template email yang sesuai dengan merek dan tujuan Anda. Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur seperti pengedit WYSIWYG (What You See Is What You Get) untuk mempermudah pengeditan template.

5. Segmentasi Pelanggan: Layanan email marketing umumnya menyediakan fitur segmentasi pelanggan. Gunakan fitur ini untuk membagi daftar pelanggan Anda menjadi segmen berdasarkan kriteria tertentu, seperti preferensi, lokasi geografis, atau tingkat keterlibatan. Segmentasi pelanggan memungkinkan Anda mengirimkan email yang lebih relevan dan efektif.

6. Buat Kampanye Email: Buat kampanye email yang akan dikirimkan kepada pelanggan Anda. Pilih segmen pelanggan yang ingin Anda tuju, pilih template email yang sesuai, dan tambahkan konten yang relevan. Beberapa layanan email marketing juga menyediakan fitur otomatisasi email, yang memungkinkan Anda mengirim email secara otomatis berdasarkan perilaku atau tindakan pelanggan.

7. Uji dan Kirim: Sebelum mengirimkan email kepada pelanggan, selalu lakukan uji coba terlebih dahulu. Pastikan email terlihat baik di berbagai perangkat dan platform email yang berbeda. Periksa juga tautan dan gambar untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Setelah yakin semuanya berjalan lancar, kirimkan email kepada pelanggan Anda.

8. Analisis dan Pelacakan: Setelah mengirimkan kampanye email, gunakan fitur analisis dan pelacakan yang disediakan oleh layanan email marketing untuk memantau kinerja kampanye. Perhatikan metrik seperti tingkat buka email, tingkat klik, dan tingkat konversi. Analisis ini akan membantu Anda memahami apa yang berfungsi dan memperbaiki strategi email marketing Anda di masa mendatang.

Perhatikan bahwa panduan di atas hanya memberikan gambaran umum. Setiap layanan email marketing memiliki antarmuka dan fitur yang berbeda. berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan umum dari layanan email marketing:

email-commerce

Kelebihan email marketing
  • Meningkatkan keterlibatan pelanggan: Layanan email marketing memungkinkan Anda berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan Anda melalui kotak masuk mereka. Dengan mengirim email yang relevan dan menarik, Anda dapat meningkatkan keterlibatan dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.
  • Pengiriman pesan yang personal: Layanan email marketing memungkinkan Anda untuk melakukan segmentasi pelanggan dan mengirimkan pesan yang disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Dengan demikian, Anda dapat memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan Anda.
  • Automatisasi yang efisien: Banyak layanan email marketing menyediakan fitur otomatisasi yang memungkinkan Anda mengirimkan email secara otomatis berdasarkan tindakan atau perilaku pelanggan. Hal ini membantu menghemat waktu dan upaya, serta memungkinkan Anda untuk memberikan pesan yang relevan pada waktu yang tepat.
  • Analisis yang mendalam: Layanan email marketing menyediakan analisis dan pelacakan yang detail tentang kinerja kampanye Anda. Anda dapat melihat metrik seperti tingkat buka email, tingkat klik, tingkat konversi, dan lain-lain. Hal ini membantu Anda memahami efektivitas kampanye Anda dan mengoptimalkan strategi email marketing Anda di masa mendatang.
  • Integrasi dengan platform lain: Banyak layanan email marketing menawarkan integrasi dengan berbagai platform lain seperti CMS (Content Management System), platform e-commerce, dan media sosial. Ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan strategi email marketing Anda dengan upaya pemasaran digital lainnya.
Kekurangan email marketing

1. Kemungkinan terjebak di dalam kotak spam: Meskipun Anda berusaha mengirim email yang relevan dan berkualitas, ada kemungkinan bahwa email Anda masuk ke dalam kotak spam pelanggan.

Ini bisa terjadi karena berbagai faktor seperti filter spam yang ketat, tindakan pengguna, atau reputasi IP yang buruk. Anda perlu memastikan agar email Anda mematuhi praktik pengiriman yang baik dan menghindari kata-kata atau tindakan yang memicu filter spam.

2. Keterbatasan desain template: Meskipun layanan email marketing menyediakan berbagai template yang dapat digunakan, terkadang desain template tersebut terbatas dan tidak dapat sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan merek Anda.

Jika Anda menginginkan desain yang unik dan konsisten dengan merek Anda, mungkin perlu melibatkan desainer atau menggunakan alat desain eksternal.

3. Tantangan dalam membangun dan mempertahankan daftar pelanggan: Membangun daftar pelanggan yang berkualitas dan mempertahankannya merupakan tugas yang menantang dalam email marketing.

Anda perlu fokus pada pertumbuhan dan retensi pelanggan dengan strategi pemasaran yang tepat, agar daftar pelanggan Anda terus berkembang.

4. Kompleksitas teknis: Pengaturan awal dan pengaturan teknis pada layanan email marketing mungkin memerlukan pemahaman yang baik tentang konfigurasi DNS, integrasi ke layanan lain seperti ke WhatsApp, sosial media, dsb.

Jarvis - Inovasi Teknologi AI

Manfaatkan solusi praktis menyelesaikan beragam pekerjaan Anda 10x lebih cepat dan efisien. Jarvis AI membantu para Content Writer, SEO, Ads Manager, Data Analyst, Business Intelligence, Copywriter, sampai Tenaga Pendidik. bagaimana caranya?

Akses Jarvis →
Bagikan ke:

Berlangganan Email

Berlangganan newsletter seputar AI, digital marketing, dan analisa data