Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

Proses SEO: Crawling, Indexing, Competing, Ranking

SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian strategi dan teknik yang digunakan untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas sebuah situs web di hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, DuckDuckGo, Yandex, dan lainnya.

Topik ini utamanya untuk memudahkan Anda dalam memahami bagaimana bot mesin pencari bekerja. setiap proses memerlukan waktu yang tidak bisa ditentukan secara pasti. para praktisi SEO umumnya hanya bisa mengira-ngira. karena hanya perusahaan mesin pencari yang tahu kepastiannya.

Proses SEO dapat dibagi menjadi beberapa tahap, termasuk crawling, indexing, competing, dan ranking

Mengenal Proses SEO

Crawling

Crawling adalah proses di mana mesin pencari, seperti Googlebot, menjelajahi internet untuk menemukan dan mengindeks konten situs web baru atau yang telah diubah. Googlebot adalah program yang berfungsi seperti robot yang mengikuti tautan dari satu halaman ke halaman lainnya. Ketika Googlebot menemukan tautan, ia mengikuti tautan tersebut dan mengindeks halaman baru atau terbaru.

Selama proses crawling, Googlebot membaca informasi pada halaman web, termasuk teks, gambar, video, dan tautan. Jika halaman tersebut memiliki tautan ke halaman lain, Googlebot akan mengikuti tautan tersebut dan melanjutkan proses crawling.

Indexing

Setelah Googlebot menjelajahi situs web dan mengumpulkan informasi dari berbagai halaman, informasi tersebut akan disimpan dalam indeks mesin telusur. Indeks adalah basis data besar yang berisi salinan halaman web yang diindeks oleh Googlebot.

Saat pengguna melakukan pencarian, algoritma mesin pencari akan menggunakan indeks ini untuk mencari hasil yang paling relevan dengan kueri pencarian mereka.

Dalam proses indexing, mesin pencari menyimpan informasi seperti kata kunci, judul halaman, deskripsi, dan konten halaman lainnya. Dengan menggunakan informasi ini, mesin pencari dapat dengan cepat mencari halaman yang relevan ketika ada permintaan pencarian.

Dalam tahap indexing ngga jarang terkendala url belum terindex. umumnya masalah SEO bagian teknis yang belum diperbaiki atau masih ada yang kurang memenuhi standar SEO. agar ketika sudah masuk competing sudah siap dan sudah sesuai.

Indexing SEO

Competing

Tahap competing atau persaingan adalah ketika halaman web bersaing dengan halaman lain dalam indeks mesin pencari untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian. Proses ini didasarkan pada algoritma kompleks yang dipakai oleh mesin pencari untuk menentukan peringkat setiap halaman.

Algoritma ini mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk kualitas konten, relevansi, otoritas domain, jumlah dan kualitas tautan masuk (backlink), pengalaman pengguna, kecepatan situs, dan sejumlah faktor lainnya.

Halaman yang dianggap paling relevan, berarti, dan otoritatif akan lebih besar peluangnya untuk mendapatkan peringkat/ranking yang lebih tinggi.

Ranking

Ranking adalah tahap di mana halaman web diberikan peringkat dalam hasil pencarian berdasarkan relevansi dan kualitasnya. Halaman dengan peringkat lebih tinggi akan muncul di bagian atas hasil pencarian, yang cenderung mendapatkan lebih banyak klik dari pengguna.

Proses ranking berlangsung dalam waktu nyata, artinya peringkat halaman dapat berubah-ubah seiring waktu, terutama jika ada perubahan dalam algoritma mesin pencari atau jika ada konten baru yang bersaing untuk peringkat yang sama.

proses seo: crawling, indexing, competing, ranking

Dalam upaya untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, pemilik situs web sering menggunakan berbagai strategi SEO, termasuk penyempurnaan konten, memperbaiki struktur tautan, mencari tautan masuk berkualitas tinggi, meningkatkan kecepatan situs, dan mengoptimalkan faktor-faktor lain yang dipertimbangkan oleh algoritma mesin pencari.

Berapa lama web Saya bisa mendapatkan ranking?

Secara umum 3 bulan. itupun dengan syarat semua implementasi SEO dilakukan dengan benar. mulai dari sisi teknis, on-page, off-page, konten, sampai link building.

Secara keseluruhan, proses SEO adalah pekerjaan yang berkelanjutan dan berusaha untuk tetap relevan dengan perubahan algoritma mesin pencari dan tren industri untuk mempertahankan atau meningkatkan peringkat halaman web di hasil pencarian.

Jarvis - Inovasi Teknologi AI

Manfaatkan solusi praktis menyelesaikan beragam pekerjaan Anda 9x lebih cepat dan efisien. Jarvis AI membantu para Content Writer, SEO, Ads Manager, Data Analyst, Business Intelligence, Copywriter, sampai Tenaga Pendidik. bagaimana caranya?

Akses Jarvis →
Bagikan ke:

Berlangganan Email

Berlangganan newsletter seputar AI, digital marketing, dan analisa data