Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

Fungsi Rate Card Bagi Influencer Dan Cara Menghitungnya

Rate card – Perkembangan dunia digital saat ini semakin pesat dengan kehadiran banyak platform media sosial. Hal ini juga yang memunculkan bebagai profesi baru. Salah satunya adalah Influencer. Profesi ini sangat populer di banyak kalangan karena bersinggungan langsung dengan konten dari platform media sosial.

Bahkan, influencer juga dianggap sangat menjanjikan karena bisa menghasilkan keuntungan besar. Kondisi seperti ini yang memunculkan istilah rate card bagi influencer.

Apa itu rate card bagi influencer?

Rate card influencer adalah daftar harga yang dibuat oleh seorang influencer sebagai panduan bagi merek dan perusahaan yang tertarik untuk bekerja sama dengannya dalam kampanye pemasaran.

Rate card influencer menguraikan biaya yang terkait dengan berbagai jenis konten yang dapat diproduksi oleh influencer, seperti postingan media sosial, video, blog, atau podcast.

Rate card influencer penting karena memberikan transparansi pada harga yang dikenakan oleh influencer dan membantu merek atau perusahaan untuk membuat anggaran yang sesuai dengan kebutuhan kampanye mereka.

Dalam beberapa kasus, influencer mungkin memiliki rate card yang berbeda untuk merek atau perusahaan yang berbeda, tergantung pada kebutuhan klien tersebut.

man in blue shirt using computer

Faktor yang Mempengaruhi Harga

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga yang dikenakan oleh seorang influencer, seperti jumlah pengikut, keterlibatan dengan pengikut, tingkat pengaruh di industri tertentu, dan jenis konten yang diproduksi.

Influencer dengan jumlah pengikut yang lebih besar cenderung mengenakan harga yang lebih tinggi daripada influencer dengan pengikut yang lebih sedikit, karena mereka memiliki jangkauan yang lebih luas dan pengaruh yang lebih besar pada audiens mereka.

Keterlibatan pengikut juga merupakan faktor penting, karena interaksi yang lebih besar antara pengikut dan konten influencer dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran.

Selain itu, influencer dengan tingkat pengaruh yang lebih tinggi di industri tertentu juga mungkin mengenakan harga yang lebih tinggi, karena merek atau perusahaan akan mendapatkan nilai tambah dari asosiasi merek mereka dengan influencer tersebut.

Jenis konten yang diproduksi juga dapat mempengaruhi harga yang dikenakan oleh influencer. Konten yang lebih sulit diproduksi, seperti video yang lebih panjang atau podcast yang lebih terperinci, mungkin memerlukan biaya yang lebih tinggi daripada postingan media sosial sederhana.

Dalam kesimpulan, rate card influencer adalah daftar harga yang dibuat oleh seorang influencer sebagai panduan bagi merek dan perusahaan yang tertarik untuk bekerja sama dengannya dalam kampanye pemasaran.

Baca juga: Mau berburu cuan di TikTok? baca ini dulu

Fungsi rate card bagi influencer yang perlu dipahami

Tentu saja ada beberapa fungsi penting dari rate card yang digunakan para influencer. Apalagi dalam profesi ini juga memiliki tingkat persaingan yang cukup ketat. Berikut ini beberapa fungsi rate card bagi influencer yang perlu dipahami seperti:

  1. Memberikan informasi harga yang jelas dan terperinci

Fungsi utama rate card influencer adalah untuk memberikan informasi harga yang jelas dan terperinci kepada klien potensial. Dengan demikian, klien dapat mengetahui berapa biaya yang harus mereka bayar untuk layanan influencer dan dapat memutuskan apakah mereka ingin menggunakan jasa influencer atau tidak.

  1. Membantu influencer dalam menentukan harga yang tepat

Rate card influencer juga membantu influencer dalam menentukan harga yang tepat untuk layanan yang mereka tawarkan. Influencer dapat melakukan riset pasar untuk mengetahui tarif yang sedang berlaku di industri mereka dan menyesuaikan harga mereka dengan layanan yang mereka tawarkan.

  1. Meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas influencer

Dengan memiliki rate card influencer, influencer dapat meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas mereka di mata klien potensial. Rate card menunjukkan bahwa influencer memiliki pengalaman dan keahlian dalam industri mereka, dan bahwa mereka serius dalam bisnis mereka.

woman in white long sleeve shirt sitting on brown wicker chair

  1. Meningkatkan efisiensi proses penawaran

Rate card influencer juga membantu meningkatkan efisiensi proses penawaran antara influencer dan klien. Dengan memiliki harga yang jelas dan terperinci, influencer dan klien dapat dengan mudah menentukan apakah ada ruang untuk negosiasi atau tidak.

  1. Meningkatkan transparansi

Rate card influencer juga meningkatkan transparansi dalam proses pemasaran influencer. Klien dapat melihat apa yang mereka dapatkan dengan harga yang mereka bayar, sehingga tidak ada kejutan atau biaya tersembunyi.

  1. Memperkuat hubungan antara influencer dan klien

Dalam bisnis, transparansi dan kepercayaan adalah kunci untuk memperkuat hubungan antara influencer dan klien. Rate card influencer dapat membantu membangun kepercayaan dengan memberikan informasi yang jelas dan terperinci tentang harga dan layanan yang ditawarkan.

  1. Menjaga konsistensi harga

Rate card influencer juga membantu menjaga konsistensi harga dalam bisnis influencer. Dengan memiliki rate card yang sama untuk semua klien, influencer dapat memastikan bahwa mereka tidak memberikan harga yang berbeda-beda untuk klien yang sama.

  1. Memudahkan proses penagihan

Terakhir, rate card influencer dapat memudahkan proses penagihan. Dengan memiliki harga yang jelas dan terperinci, influencer dapat memastikan bahwa mereka menerima bayaran yang tepat dan menghindari kebingungan dalam proses penagihan.

Panduan cara menghitung rate card bagi influencer

Menghitung rate card influencer yang tepat memerlukan pemahaman yang baik tentang nilai dari platform media sosial yang digunakan dan keterampilan promosi yang dimiliki oleh influencer tersebut. Berikut adalah panduan lengkap dalam menghitung rate card influencer:

white printer paper beside silver macbook

  1. Tentukan Kriteria untuk Penghitungan Harga

Sebelum menghitung harga rate card influencer, tentukan kriteria yang menjadi dasar untuk menghitung harga. Beberapa kriteria yang biasa digunakan adalah jumlah pengikut, engagement rate, topik konten, platform media sosial, dan jenis konten yang akan dibuat.

  1. Hitung Harga Per Postingan

Setelah menentukan kriteria dasar, hitunglah harga per postingan. Harga ini tergantung pada jumlah pengikut, engagement rate, dan platform media sosial yang digunakan oleh influencer.

Misalnya, jika influencer memiliki 100.000 pengikut dan engagement rate 5%, maka harga per postingan dapat dihitung dengan cara: (jumlah pengikut x engagement rate) ÷ 1.000 = harga per postingan.

  1. Tentukan Harga untuk Jenis Konten Lainnya

Selain postingan, influencer juga dapat membuat berbagai jenis konten, seperti video atau pengenalan produk secara langsung. Untuk menentukan harga untuk jenis konten lainnya, pertimbangkan faktor seperti waktu yang dibutuhkan, tingkat kesulitan dalam membuat konten, dan biaya produksi.

Misalnya, jika seorang influencer harus menghabiskan waktu satu hari untuk membuat video, maka harga untuk jenis konten ini harus lebih tinggi dari harga untuk satu postingan.

4.Tambahkan Biaya untuk Fitur Tambahan

Influencer mungkin menawarkan fitur tambahan seperti giveaway atau diskon khusus. Pastikan untuk menambahkan biaya tambahan untuk fitur tambahan ini ke dalam rate card.

  1. Sesuaikan Harga dengan Klien

Sesuaikan harga dengan klien yang menggunakan jasa promosi influencer. Harga dapat disesuaikan dengan anggaran klien atau tingkat kebutuhan promosi.

  1. Evaluasi dan Perbarui Rate Card Secara Berkala

Evaluasi dan perbarui rate card secara berkala. Dengan memperbarui rate card secara berkala, influencer dapat mempertahankan harga yang kompetitif dan mengikuti perubahan tren dalam industri promosi influencer.

Jarvis - Inovasi Teknologi AI

Manfaatkan solusi praktis menyelesaikan beragam pekerjaan Anda 10x lebih cepat dan efisien. Jarvis AI membantu para Content Writer, SEO, Ads Manager, Data Analyst, Business Intelligence, Copywriter, sampai Tenaga Pendidik. bagaimana caranya?

Akses Jarvis →
Bagikan ke:

Berlangganan Email

Berlangganan newsletter seputar AI, digital marketing, dan analisa data