Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

CPC Google Ads Tinggi? Mari Kita Bedah Alasannya

CPC (Cost Per Click) adalah metrik yang digunakan dalam iklan Google Ads untuk mengukur biaya yang dikeluarkan setiap kali pengguna mengklik iklan yang ditampilkan. Google Ads adalah platform iklan online yang dikelola oleh Google, yang memungkinkan pengiklan untuk menampilkan iklan mereka di hasil pencarian Google, situs web mitra, dan berbagai platform Google lainnya.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang CPC di Google Ads:

Definisi CPC

Adalah jumlah biaya yang dibebankan kepada pengiklan setiap kali pengguna mengklik iklan mereka. Dalam model pembayaran CPC, pengiklan hanya membayar saat ada interaksi aktif dengan iklan mereka.

Peringkat Iklan

Peringkat iklan di Google Ads ditentukan oleh faktor-faktor seperti relevansi iklan, kualitas halaman tujuan, dan tawaran CPC. Iklan dengan peringkat yang lebih tinggi memiliki peluang lebih besar untuk muncul di posisi teratas dalam hasil pencarian.

ctr

Faktor Penentu Biaya CPC

Biaya CPC dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Beberapa faktor ini meliputi persaingan di pasar, relevansi iklan dengan kata kunci yang ditargetkan, kualitas iklan dan halaman tujuan, serta tawaran CPC yang diajukan.

Tawaran CPC

Saat mengatur kampanye iklan di Google Ads, pengiklan dapat menetapkan tawaran maksimum CPC yang mereka bersedia bayar untuk setiap klik iklan. Tawaran ini dapat disesuaikan untuk setiap kata kunci atau kelompok iklan tertentu.

Penentuan Biaya Sebenarnya

Biaya CPC yang sebenarnya bisa lebih rendah daripada tawaran CPC maksimum yang ditetapkan. Google Ads menggunakan sistem lelang yang mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti skor kualitas iklan, relevansi, dan tingkat klik yang diharapkan. Biaya CPC yang sebenarnya akan ditentukan oleh Google berdasarkan faktor-faktor tersebut.

Strategi Penawaran

Pengiklan dapat menggunakan beberapa strategi penawaran di Google Ads, termasuk tawaran manual, penawaran otomatis, atau kombinasi keduanya. Strategi penawaran yang dipilih akan mempengaruhi cara Google mengoptimalkan kampanye dan mengatur tawaran CPC.

Kontrol Anggaran

Google Ads memungkinkan pengiklan untuk mengontrol anggaran mereka dengan mengatur batasan biaya harian. Dengan menetapkan batasan biaya, pengiklan dapat memastikan bahwa pengeluaran iklan mereka tetap dalam batas yang ditetapkan.

Keuntungan CPC

CPC memberikan fleksibilitas kepada pengiklan dengan hanya membayar ketika ada interaksi langsung dengan iklan. Selain itu, melalui analisis data, pengiklan dapat mempelajari lebih lanjut tentang perilaku pengguna dan kinerja iklan mereka.

Anda bisa membuat teks iklan (copywriting) yang menarik tanpa perlu memikirkan kata-kata yang cocok. bisa Anda pakai untuk judul & deskripsi di Google Ads. silahkan pakai Jarvis – Template Google Ads

Namun disamping itu ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui kenapa CPC Google Ads kok semakin tinggi.

SEM-2

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan biaya per klik (CPC) dalam Google Ads menjadi tinggi. Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin mempengaruhinya:

Persaingan Tinggi

Jika industri atau pasar tertentu memiliki banyak pesaing yang ingin memasang iklan di Google Ads untuk kata kunci yang sama, ini dapat meningkatkan persaingan dan mendorong harga CPC menjadi tinggi. Semakin banyak pesaing yang bersaing untuk posisi iklan yang terbatas, semakin tinggi kemungkinan harga CPC yang tinggi.

Tingkat Penawaran yang Tinggi

Google Ads menggunakan model lelang di mana penayang iklan bersaing untuk mendapatkan posisi iklan yang lebih baik. Jika pesaing Anda memiliki anggaran yang besar dan bersedia membayar lebih tinggi untuk klik, maka Anda mungkin perlu meningkatkan penawaran Anda untuk bersaing dengan mereka. Ini dapat mendorong kenaikan CPC.

Relevansi dan Kualitas Iklan yang Rendah

Google Ads juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti relevansi iklan dan kualitas halaman tujuan dalam menentukan peringkat iklan. Jika iklan Anda kurang relevan atau halaman tujuan tidak memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna, maka peringkat iklan Anda dapat menurun.

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan CPC karena Google mendorong pengiklan untuk meningkatkan relevansi dan kualitas iklan mereka.

Targeting yang Tidak Efektif

Jika Anda tidak mengatur penargetan dengan baik dalam kampanye Google Ads Anda, iklan Anda mungkin ditampilkan kepada orang yang tidak relevan.

Hal ini dapat mengakibatkan pengguna yang tidak berpotensi menjadi pelanggan atau pembeli mengklik iklan Anda, sehingga meningkatkan biaya per klik secara keseluruhan.

Kualitas Skor yang Rendah

Google menggunakan Skor Kualitas untuk menilai kualitas iklan Anda. Jika Skor Kualitas Anda rendah, maka Anda mungkin perlu membayar lebih tinggi untuk setiap klik.

Skor Kualitas yang rendah dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk relevansi iklan, halaman tujuan yang buruk, dan histori kinerja kampanye yang buruk.

Untuk mengatasi biaya per klik yang tinggi, penting untuk melakukan penelitian kata kunci yang baik, mengoptimalkan iklan dan halaman tujuan Anda, serta menguji dan mengelola kampanye dengan cermat untuk meningkatkan kualitas dan relevansi iklan Anda.

Jarvis - Inovasi Teknologi AI

Manfaatkan solusi praktis menyelesaikan beragam pekerjaan Anda 10x lebih cepat dan efisien. Jarvis AI membantu para Content Writer, SEO, Ads Manager, Data Analyst, Business Intelligence, Copywriter, sampai Tenaga Pendidik. bagaimana caranya?

Akses Jarvis →
Bagikan ke:

Berlangganan Email

Berlangganan newsletter seputar AI, digital marketing, dan analisa data