Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

Pelatihan Mengelola Hosting

Pengenalan: Apa itu panel hosting? adalah panel kontrol yang memudahkan penggunanya dalam mengelola situs web dan server. Panel kontrol ini memungkinkanmu untuk mempublikasikan situs web, mengelola hosting dan domain, mengatur file website, membuat akun email, dan masih banyak lagi.

Manfaat Hosting

Ada beragam fitur hosting, yang mana jika tanpa suatu alat tertentu akan sulit mengelola seluruh fitur tersebut. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah alat yang bernama control panel hosting. Namun, manfaat control panel hosting tentu tidak hanya untuk satu keperluan saja.

  • Kaya fitur menyesuaikan kebutuhan
  • Mudah digunakan bahkan untuk pemula
  • Manajemen website jadi lebih mudah dan terpusat
  • Didikung beragam aplikasi sehingga proses instalasi semakin praktis

Rekomendasi Panel Hosting

Pada pelatihan mengelolah server/hosting ini tidak hanya mengacu pada satu panel namun beragam. karena saya menyadari kebutuhan setiap pengguna berbeda. disisi lain faktor harga panel juga bisa menjadi pertimbangan. dengan demikian saya akan mengulas kelebihan dan kekurangan panel hosting:

  1. cPanel
  2. CyberPanel
  3. CloudPages
  4. Direct Admin
  5. aaPanel
  6. Vesta Panel
  7. Dsb.

Kelebihan dan kekurangan masing-masing panel web hosting. serta bagaimana cara mengelola server hosting untuk keperluan website jenis apapun.

Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server atau VPS adalah layanan server virtual yang memiliki sumber daya yang terdedikasi khusus untuk satu pengguna, berbeda dengan shared hosting dimana sumber daya komputasi yang sama digunakan oleh beberapa pengguna.

Hal ini menyebabkan website yang berjalan di atas shared hosting bisa terganggu jika seandainya pengguna dalam satu sumber daya yang sama menggunakan sumber daya secara besar.

Kelebihan & Kekurangan VPS

Anda akan memiliki hak khusus dalam mengelola server/hosting. jadi dalam satu space khusus, Anda bebas menaruh website berapapun tanpa perlu berbagi dengan pemilik website lain. dampaknya secara performa & kapasitas menjadi lebih lega. kekurangannya adalah Anda akan di sibukkan dengan hal-hal terkait teknis server. VPS cocok untuk website yang memiliki resouce atau pengunjung besar. seperti: toko online, web berita, dsb.

Konten ini hanya untuk member terdaftar
Masuk Daftar

Lessons

  1. Berkenalan dengan Fitur Penting Hosting
  2. Mengelola Beragam Fitur Penting Web Hosting
Share your love