Pelatihan Digital Marketing
Setelah berhasil membuat website jenis apapun, selanjutnya kita belajar bagaimana mendatangkan pengunjung. yaitu belajar optimasi SEO (search engine optimization). secara umum cara kerja SEO masih sama, terutama yang sifatnya fundamental (dasar). selanjutnya mengikuti algoritam Google terbaru. disini akan dibagi beberapa bagian pelatiha:
Materi Konten
Untuk mempermudah pemahaman, Saya akan membahas beberapa channel digital marketing dari A-Z:
- Search Engine Optimization (dari A – Z)
- Google Ads (dari A – Z)
- Email Marketing (dari A – Z)
SEO
Kursus belajar SEO dari level dasar sampai tingkat lanjut. mudah dipahami oleh siapapun.
- Teknikal SEO
Analisa pada sisi teknikal website untuk kebutuhan SEO. saat ini teknikal web (core web vital) menjadi penilaian Google lebih dari 30% aspek SEO. - Riset & Kata Kunci
Menganalisa keyword potensial yang bisa mendatangkan pengujung dan mengenal level kompetisi (persaingan) serta tips seputar keyword research yang jarang di pahami. - SEO On Page
Menyusun dan implementasi kebutuhan SEO On Page dengan cara yang benar & efisien. kupas tuntas dari A-Z. - SEO Off Page
Menyusun strategi SEO Off Page yang benar untuk mendapatkan ranking 5 besar halaman 1 Google. mulai dari strategi link building, peletakan backlink yang benar, sampai mendapatkan CTR minimal 10% dari impresi. - Penulisan SEO
Cara menulis sesuai kaidah SEO, post formating yang tepat agar enak dibaca & SEO friendly. serta peletakan keyword & sub keyword yang benar, internail & external link, alt text, dan seluruh aspek penulisan SEO.
Manfaat SEO
SEO merupakan strategi digital marketing sifatnya jangka panjang. dengan SEO, Anda bisa mendapatkan target pengunjung potensial yang memberi manfaat: meningkatkan trafik, brand awareness, leads, sales, hingga pengaruh meningkatnya profit.
Google Ads
Google Ads adalah sebuah platform dari Google yang menawarkan iklan berbayar untuk setiap bisnis atau pengguna Google yang ingin mengiklankan produknya. Platform ini memungkinkan Anda membuat iklan online untuk menjangkau audiens yang tertarik dengan produk atau layanan Anda di semua channel Google. kita akan belajar beragam tipe iklan Google:
- Search
- Performance Max
- Display
- Shopping
- Video
- App
- Smart
- Local
- Discovery
Dimana tipe-tipe iklan diatas menyesuaikan dengan tipe bisnis Anda. sehingga untuk mendapatkan hasil iklan yang maksimal butuh di kupas satu persatu.
Email adalah alamat resmi kita di dunia maya. Dengan menggunakan email kita dapat terhubung dalam berbagai kegiatan internet, seperti bergabung di situs jejaring sosial semisal Facebook dan Twitter maka saat pendaftaran akan membutuhkan email.
Selain itu Email juga bisa digunakan untuk promosi jalur private. kelebihan email marketing adalah sifatnya personal sehingga tidak diketahui kompetitor Anda.
Konfigurasi Email
Belajar membuat email domain (atau emai bisnis) sesuai nama web. contoh: [email protected]. ini akan memberikan kesan profesional terhadap bisnis Anda. selain itu Anda akan mendapatkan pelatihan bagaimana cara menjalankan strategi email marketing yang efektif.
Persiapan
Mempersiapkan nama domain yang akan dijadikan pemasaran. tahap persiapan berisi:
- Membuat email domain
- Konfigurasi email agar bisa diakses di: handphone, outlook, atau email client yang lain.
- Test kirim dan terima
Email Marketing
Selanjutnya adalah email marketing. apa itu? email marketing berisi konten atau pesan komersial yang dikirimkan kepada pelanggan maupun calon pelanggan, seperti informasi tentang produk, promo atau event yang sedang berlangsung, dan lain-lain.
Tujuan email marketing yang utama ialah agar Anda dapat terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan secara lebih personal, kemudian mempertahankan hubungan tersebut dengan baik, sekaligus “mengaktifkan” kembali pelanggan yang pasif hingga konversi menjadi penjualan.
Lessons
- Memahami Digital Marketing yang Sebenarnya