Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

7 Peran Website dan Medsos Dalam Dunia Bisnis

Peran website dan medsos dalam menjalankan suatu bisnis memang sangat penting. Semakin canggihnya teknologi menjadikan para pebisnis mulai beralih dari bisnis konvensional menjadi bisnis online ataupun banyak yang memulai bisnis konvensional kemudian dilengkapi dengan sistem online. Ya, bisnis yang berbasis online memang sangat menjanjikan dewasa ini. Tak heran jika banyak yang mengarunginya.

Dalam menjalankan bisnis online, tidak terlepas dari peran website dan media sosial. Semakin gencar melakukan promosi, maka semakin terkenal pula produk atau saja tersebut. Jadi, bisnis Anda akan jauh lebih berkembang.

Nah, apa saja peran website dan medsos? Berikut akan disajikan informasinya untuk Anda.

  1. Membangun merek

Pada saat awal merintis sebuah bisnis, membangun merek merupakan salah satu poin yang penting. Melalui website dan media sosial, Anda bisa melakukan promosi secara gencar mengenai produk atau jasa yang Anda miliki.

Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang mengenal produk atau jasa Anda dan Anda pun dapat mengukur sejauh mana ketertarikan dari pada konsumen dengan melihat jumlah followers atau fans dan berapa kali brand Anda di mention oleh mereka dalam kurun waktu tertentu.

membuat website

Memang untuk membangun merek ini agak sulit, terlebih lagi Anda baru saja berkecimpung di dunia bisnis. Oleh sebab itu, perusahaan biasanya akan membayar pekerja online yang tugasnya adalah mengurus masalah tersebut yaitu community manager, social media spesialist, twitter master, digital media analyst, dan Search Angine Optimization (SEO).

  1. Lebih dekat dengan konsumen

Dengan melalui media sosial, komunikasi yang tadinya berjalan dua arah, kini berubah menjadi segala arah. Antara penjual dan pembeli pun akan lebih dekat karena komunikasi dapat dilakukan dengan mudah. Dengan begitu, peran website dan medsos memang sangat penting dan dapat membuat bisnis Anda menjadi lebih lancar.

Website ibarat sebagai tokonya dan media sosial ibarat pamerannya. Keduanya tidak dapat dipisahkan karena saling berkaitan dan jika dikelola secara maksimal dapat membuat bisnis Anda semakin maju.

Website dapat mengikis keraguan dari para pelanggan. Terkadang ada konsumen yang kurang percaya jika membeli secara online. Nah, dengan hadirnya website, maka konsumen akan lebih percaya jika bisnis yang Anda rintis memang benar-benar ada. Terlebih lagi jika Anda menyusun websitenya secara profesional.

Anda bisa menyertakan link website pada sosial media yang digunakan untuk mempromosikan website tersebut, dengan begitu akan banyak konsumen yang mengetahui website Anda dan tertarik untuk mengunjunginya.

  1. Riset pasar

Media sosial selain digunakan untuk memamerkan produk, juga dapat digunakan untuk menggali informasi dari para konsumen dan juga para calon konsumen.  Anda bisa melakukan survey melalui media sosial mengenai kesadaran konsumen terhadap produk atau jasa Anda, seberapa besar minta mereka terhadap produk atau jasa Anda, dan juga mencari informasi mengenai pesaing utama dari bisnis yang Anda jalankan.

belajar digital marketing

Sebagai seorang konsumen, biasanya lebih mengetahui mengenai kompetitor Anda karena mereka terbiasa survey mengenai harga dan juga kualitas yang ditawarkan oleh setiap penjual. Dengan mengetahui pesaing, Anda dapat menganalisis kelebihan dan juga kekurangan mereka sehingga Anda bisa mempersiapkan strategi yang tepat untuk mengatasinya.

  1. Mudah memberikan feedback secara langsung

Dengan adanya website dan media sosial, Anda menjadi tahu respon dari konsumen, entah itu respon positif ataupun respon negatif yang berupa kritikan. Respon positif dapat dijadikan sebagai penguat dari bisnis Anda, sedangkan respon negatif dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi agar bisnis Anda dapat semakin disukai oleh konsumen.

Sebagai contoh, jika Anda memposting suatu produk atau jasa dari bisnis Anda, maka akan muncul tanggapan dari para konsumen yang mereka tuliskan pada kolom komentar. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh perspektif dari konsumen adalah dengan mempelajari bagaimana konsumen menggunakan produk Anda. Dengan begitu, peran website dan medsos untuk bisnis dapat Anda maksimalkan dengan baik.

  1. Informasi lebih cepat tersampaikan

Jika dulunya seorang pebisnis memiliki kendala untuk menyampaikan informasi kepada konsumen dalam kurun waktu yang singkat, sekarang hal tersebut tidak akan terjadi lagi karena telah ada website dan juga media sosial. Bahkan, informasi yang disampaikan tidak hanya cepat, namun jangkauannya lebih luas bahkan bisa sampai antar negara. Inilah peran website dan medsos yang harus diketahui oleh para pebisnis.

Mudah sekali untuk menyampaikan informasi bisnis kepada konsumen, Anda tinggal klik tombol share di setiap media sosial yang Anda gunakan dan dengan bantuan jaringan internet, informasi tersebut dapat dengan cepat menyebar secara luas.

Pastikan bahwa informasi yang Anda bagikan sesuai dengan minat dari target konsumen agar informasi yang Anda sampaikan tidak mubazir.  Manfaatkanlah followers Anda sebaik mungkin, jangan sampai Anda menyebarkan informasi yang tidak penting yang bisa membuat followers menjadi kabur. Tentu hal tersebut sangat merugikan bisnis Anda karena satu konsumen sangat berarti.

  1. Membantu konsumen untuk menjangkau bisnis Anda

Website dan media sosial dapat menjangkau siapa saja yang menggunakannya. Entah itu konsumen ataupun pebisnis lain yang memang membutuhkan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Mereka bisa menggunakan media sosial guna mencari produk maupun jasa yang mereka perlukan.

Dewasa ini pengguna smartphone cenderung meningkat seiring dengan banyaknya akses ke media sosial, alasannya sangatlah sederhana yaitu agar lebih praktis. Mulai dari kawula muda hingga ibu rumah tangga pun sudah banyak yang menggunakan smartphone.

leads_generation

Dengan semakin canggihnya teknologi, membuat para konsumen lebih suka untuk mencari informasi mengenai produk atau jasa yang diperlukan melalui media sosial karena memang lebih mudah dan lebih cepat. Hal tersebut, merupakan salah satu cara untuk survey harga sehingga nantinya mendapatkan produk dengan harga yang murah dan barang berkualitas.

Konsumen merupakan orang yang cerdas dan selektif dalam memilih suatu barang atau jasa. Melalui website dan media sosial, konsumen dapat melihat reputasi dari suatu brand melalui komentar para konsumen yang lainnya, jumlah followers, dan mention.

Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa peran website dan medsos dalam bisnis memang penting karena mempengaruhi keputusan dari konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

  1. Meminimkan biaya promosi

Dengan hadirnya website dan media sosial saat ini, dapat meminimalkan biaya untuk melakukan promosi. Ya, tentu saja Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mencetak banner ataupun mencetak brosur. Anda juga akan lebih hemat tenaga karena tidak perlu membagikan brosur dan memberikan promosi secara lisan kepada masyarakat.

Biaya promosi tersebut dapat dialokasikan untuk mengembangkan bisnis Anda seperti untuk membeli bahan baku atau membangun tempat usaha yang lebih kondusif.

Di era digitalisasi ini, peran website dan medsos dalam menjalankan suatu bisnis memang sangat penting dan bagi Anda para pebisnis jangan pernah melupakan hal tersebut guna tercapainya tujuan dari bisnis yang Anda rintis.

Jarvis - Inovasi Teknologi AI

Manfaatkan solusi praktis menyelesaikan beragam pekerjaan Anda 10x lebih cepat dan efisien. Jarvis AI membantu para Content Writer, SEO, Ads Manager, Data Analyst, Business Intelligence, Copywriter, sampai Tenaga Pendidik. bagaimana caranya?

Akses Jarvis →
Bagikan ke:

Berlangganan Email

Berlangganan newsletter seputar AI, digital marketing, dan analisa data