Subscription Form

Berlangganan newsletter seputar AI, analisa data, dan digital marketing

4 Cara Praktis Membuat Sekolah Belanja SIPLah

Kewajiban sekolah belanja SIPLah membuka peluang baru bagi pemilik UMKM. Lakukan empat cara berikut untuk memaksimalkan profit toko SIPLah Anda.

Kebutuhan sekolah untuk mendukung pembelajaran optimal siswa sangatlah banyak. Selain diktat dan alat-alat tulis, pembelajaran juga memerlukan berbagai alat peraga dan pendukung lainnya.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut secara efektif dan efisien, pemerintah pun mewajibkan belanja SIPLah. Selain mendukung pengelolaan dana BOS yang tepat, SIPLah juga membuka kesempatan bagi UMKM untuk memperoleh pasar yang jelas.

4 Cara Praktis Membuat Sekolah Belanja SIPLah

Sekilas Tentang SIPLah

Apa itu SIPLah?
Mengutip dari situs resmi SIPLah Kemendikbud, SIPLah adalah inovasi dalam pengadaan barang/jasa Satuan Pendidikan untuk meningkatkan transparansi dan kemudahan bagi Satuan Pendidikan (Satdik) dalam administrasi dan pelaporan serta bagi UMKM untuk turut serta hadir sebagai penyedia barang dan jasa di SIPLah.

Dalam kata lain, SIPLah adalah platform Kemendikbud yang digunakan untuk pembelanjaan berbagai kebutuhan sekolah secara online. Dengan begitu, proses pengadaan pun menjadi lebih transparan, efektif, dan efisien.

Cara belanja di SIPLah pun tidak sulit dan tidak jauh berbeda dengan berbelanja di e-commerce pada umumnya. Pihak sekolah hanya perlu log in menggunakan akun yang dimiliki, memilih barang yang akan dibeli beserta jumlahnya, memilih jenis pengiriman, dan melakukan pembayaran.

Peluang Usaha di SIPLah

Salah satu tujuan adanya SIPLah adalah sekaligus membuka peluang usaha bagi UMKM. Kini dengan adanya SIPLah, UMKM dapat mempunyai pasar yang lebih tersegmentasi, yakni sekolah.

Produk yang dapat dijual di SIPLah pun sangat beragam. Selain buku dan peralatan tulis, ada pula alat-alat peraga sesuai mata pelajaran, seragam, alat-alat elektronik, hingga produk katering seperti snack yang diperlukan untuk aktivitas sekolah seperti rapat. Pada intinya, produk yang dijual di SIPLah adalah produk yang sesuai peruntukan dana BOS.

Nah, jika Anda tertarik untuk ikut mengambil peluang ini, segera siapkan usaha dan lengkapi persyaratan untuk mendaftar. Adapun beberapa informasi dan dokumen yang diperlukan sebagai syarat daftar toko SIPLah antara lain sebagai berikut.

  • Nama toko
  • Jenis usaha
  • Kelas usaha
  • Lokasi
  • Alamat
  • Identitas penanggung jawab (nama, email, jabatan, dan identitas)
  • KTP
  • NPWP
  • SIUP
  • Nomor rekening

Tips Membuat Sekolah Belanja di Toko Anda

Tentunya, ada banyak toko yang telah bergabung di SIPLah. Namun demikian, Anda tak perlu khawatir untuk memanfaatkan kesempatan berikut sebagai pintu usaha. Lakukanlah beberapa cara berikut untuk membuat sekolah belanja SIPLah di toko Anda.

Memperluas Koneksi

Meski semuanya telah serba online, bukan berarti Anda meninggalkan cara lama: memperluas koneksi. Mulailah dengan bergerilya memperluas koneksi ke sekolah, lembaga, atau bahkan komunitas terkait.

Selain berkenalan dengan orang-orang yang menjadi calon konsumen, Anda juga bisa memperluas koneksi ke pihak-pihak yang dapat menjadi supplier atau mitra Anda lainnya. Ingat, bagaimanapun, koneksi memegang peranan penting dalam setiap bisnis—apa pun jenisnya.

Memperluas Koneksi

Memaksimalkan Promosi

Manfaatkan semua kanal promosi yang memungkinkan, baik online maupun offline. Agar lebih efektif, gunakan kanal promosi sesuai dengan target pasar Anda berada. Misal, jika kebanyakan kepala sekolah atau bendahara sekolah banyak menggunakan Facebook, maka Anda bisa melakukan promosi di grup Facebook yang banyak mereka akses.

Jangan lupa, ikutlah hadir di berbagai acara sekolah di samping berkunjung ke masing-masing sekolah untuk komunikasi yang lebih intens. Seperti contoh, Anda bisa meminta waktu untuk promosi di acara rutin MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah), sosialisasi terkait pendidikan di lembaga atau instansi tertentu, dan sebagainya.

Tuliskan Deskripsi Produk dengan Jelas

Salah satu kelemahan dari belanja online adalah pembeli tidak dapat melihat secara langsung produk yang dicari. Oleh sebab itu, informasi mengenai detail produk sangatlah penting untuk membantu pembeli mengenai produk tersebut. Jika Anda tidak menyertakan deskripsi produk, maka pembeli pun tak akan segan untuk meninggalkan toko Anda dan beralih dengan cepat ke toko lainnya.

Bingung cara menulis deskripsi produk? pakai saja layanan Jarvis AI. bikin deskripsi produk hanya butuh 3 detik saja.

Satu hal yang perlu diingat, buatlah deskripsi produk sesuai dengan kondisi barang yang Anda tawarkan, jangan melebihkan dan jangan terlalu minim. Misal Anda menulis kualitas produk A padahal nyatanya B, maka saat produk tersebut sampai di tangan pembeli, mereka akan kecewa. Tentunya, bukan tak mungkin mereka akan meninggalkan ulasan buruk dan bahkan merekomendasikan kepada sekolah lain untuk tidak membeli di tempat Anda.

Beri Pelayanan Terbaik

Di samping produk, pelayanan menjadi faktor penting lainnya dalam setiap bisnis. Berikan pelayanan yang baik saat menghadapi pembeli, mulai dari membalas pertanyaan dengan cepat, menggunakan bahasa yang ramah, hangat, dan jelas, dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga dapat memberi beberapa value lainnya. Seperti contoh, Anda dapat menambahkan bonus tertentu setiap pembelian “sekian” produk, garansi pengembalian produk dengan cepat, dan sebagainya.

Adanya kewajiban belanja SIPLah merupakan kesempatan menarik bagi UMKM. Jika Anda tertarik, jangan tunda lebih lama untuk bergabung dengan platform SIPLah Kemdikbud. Pun apabila Anda memerlukan bantuan pendanaan, silahkan manfaatkan layanan Invoice digital.

Jarvis - Inovasi Teknologi AI

Manfaatkan solusi praktis menyelesaikan beragam pekerjaan Anda 10x lebih cepat dan efisien. Jarvis AI membantu para Content Writer, SEO, Ads Manager, Data Analyst, Business Intelligence, Copywriter, sampai Tenaga Pendidik. bagaimana caranya?

Akses Jarvis →
Bagikan ke:

Berlangganan Email

Berlangganan newsletter seputar AI, digital marketing, dan analisa data